Pages

Selasa, 24 Juli 2012

7 Tips Sahur yang Berkualitas

7 Tips Sahur yang Berkualitas


Tak terasa kini kita berjumpa kembali dengan bulan yang penuh berkah, bulan yang di mana banyak kebaikan di dalamnya, dan bulan yang penuh dengan pahala.
Yaah, bulan Ramadahan selain bulan yang penuh dengan kebaikan, banyak sekali peristiwa-peristiwa penting juga yang terjadi di bulan ini.
Namun saya di sini tidak akan membahas soal history nya, melainkan akan berbagi tips, mengenai sahur, karena dalam melakukan puasa ada Iftar (Buka puasa) dan Sahur. Yang tentunya bila sahur kita berkualitas, maka puasa pun tuntas. :)
Beberapa 7 tips sahur yang berkualitas berikut,
1.    Cuci muka dan kumur-kumur, bangun tidur tentunya masih males-malesan untuk beranjak dari tempat tidur, dan cara menghilangkannya kemalasan itu dengan cuci muka dan berkumur, apa lagi yang tidurnya ngiler, hehehe… :)
2.    Minum air secukupnya, orang yang habis tidur biasanya tenggorokannya kering, jadi minum lah sedikit air untuk membasahi tenggorokan kalian agar nantinya pas makan tidak seret ditenggorokan.
3.     Makanlah makanan Hangat, Ketika sahur hendaknya memakan makanan yang hangat, mudah dicerna dan merangsang enzim pencernaan, dengan kata lain kita mempunyai nafsu untuk makan.
4.    Porsi secukupnya, Jangan karena nanti kita tidak akan makan selama 12 jam lantas membuat kita jadi makan sebanyak-banyaknya, nanti yang ada kita kita malas untuk shalat shubuh berjama’ah di Masjid, dan malas juga beraktifitas.
5.     Minumlah susu, susu mengandung banyak unsur pendukung gizi. Saat sahur kita bisa meminum segelas susu hangat untuk menambah kekuatan tubuh.
6.     Suplemen, jika mempunyai banyak aktifitas saat puasa, kita dapat mengomsumsi suplemen berisi vitamin untuk menjaga stamina.
7.     Banyak minum air putih, Untuk menjaga agar cairan dalam tubuh kita tidak habis atau dehidrasi saat kita puasa, hendaknya kita meminum 2liter air.
Oke, smoga aja tips-tips di atas dapat bermanfaat. Dan menjadikan sahur kita berkualitas dan puasa pun tuntas, hehehe.. tapi jangan lupa juga sebelum makan dan sesudahnya berdo’a lah.

0 komentar:

Posting Komentar