Pages

Minggu, 24 Juni 2012

Buffon Masih Kokoh di Bawah Mistar


  

Kiev - Gianluigi Buffon sekali lagi membuktikan dirinya masih merupakan kiper terbaik dunia. Portiere berusia 34 tahun itu jadi salah satu pemain kunci yang meloloskan Italia ke semifinal Piala Eropa 2012.

Italia beruntung punya kiper sekelas Buffon di bawah mistar. Kendati dalam laga perempatfinal di Kiev Olympic Stadium, Minggu (25/6/2012) dinihari WIB, Inggris tak banyak mendapatkan peluang, penyelamatan yang dibuat Buffon terbukti sangat krusial.

Saat laga memasuki menit kelima, gawang Italia nyaris dijebol oleh Glen Johnson dari jarak dekat. Namun, Buffon menunjukkan refleks yang luar biasa dan menghalau bola dengan tangan kirinya. Kalau peluang Johnson ini berujung gol, Gli Azzurri niscaya akan sangat menyesal karena mereka telah menyia-nyiakan puluhan kesempatan selama 90 menit.

Saat laga harus berlanjut ke adu penalti, Buffon sekali lagi menunjukkan kelasnya sebagai pemain bintang. Kiper Juventus ini menangkap dengan sempurna tendangan Ashley Cole. Italia akhirnya menang 4-2.

"Tentu saja saya takut kecewa karena saat lotre dimulai Anda bisa beruntung dan menang atau tak beruntung dan kalah," ungkap Buffon soal adu penalti yang dimenangi Italia, seperti dikutip Football Italia.

"Saya tak memikirkan apapun, cuma berpikir saya harus sebanyak mungkin membuat penyelamatan, karena rekan-rekan saya layak mendapatkannya setelah berjuang 120 menit, begitu juga saya," lanjutnya.

"Bagus saya bisa mengeblok penalti Ashley Cole karena saya membayangkan banyak orang dengan kekhawatiran pada saat itu sebagaimana yang kami rasakan juga," kata Buffon.

Di empat laga yang sudah dijalani Italia di Piala Eropa 2012, Buffon baru kemasukan dua gol, yakni di laga melawan Spanyol dan Kroasia. Dia cuma kalah dari Iker Casillas (Spanyol) yang baru kebobolan sekali.

0 komentar:

Posting Komentar