Pages

Rabu, 20 Juni 2012

ASKEP PADA ANAK DENGAN MASALAH GANGGUAN SISTEM PERNAFASAN

ASKEP PADA ANAK DENGAN GANGGUAN SISTEM
PERNAFASAN



SILVANUS PRIMANGGONO



STIKES ST. FATIMAH MAMUJU
T.A. 2010 / 2011






A. KONSEP DASAR MEDIS
1.      Definisi
»          Asma bronchial adalah penyakit jalan nafas obstruktif intermitten, reversibel dimana trakheobronkhial berespon secara hiperaktif terhadap stimuli tertentu.
»          Asma bronchial adalah suatu penyakit dengan  ciri meningkatnya respon trachea dan bronkhus terhadap berbagai rangsangandengan manifestasi adanya penyempitan jalan nafas yang luas dan derajatnya dapat berubah-ubah baik secara spontan maupun hasil dari pengobatan.
»          Asma bronchial adalah penyempitan jalan nafas yang reversible dalam waktu singkat oleh karena mucus kental, spasme dan edema mukosa seperti deskumasi epitel bronchus / bronkhiolus akibat inflamai dengan kepekaan yang berlebihan.    ( Materi kuliah KMB ).
»          Asma bronchial merupakan gangguan inflamasi kronik jalan nafas yang melibatkan berbagai sel inflamasi ( kapita selekta, edisi ketiga, jilid 1, 2001 : 476)
2.      Anatomi dan Fisiologi Sistem Pernafasan
·      Saluran pernapasan bagian atas terdiri dari :
a.    Hidung ( Cavum nasi )



Bagian ini terdiri atas nares anterior ( saluran di dalam lubang hidung ) yang memuat kelenjar sebaseus dengan ditutupi bulu kasar yang bermuara ke rongga hidung. Bagian hidung lain adalah rongga hidung yang dilapisi oleh selaput lendir yang mengandung pembuluh darah. Proses oksigenasi diawali dari sini. Pada saat udara masuk melalui hidung , udara akan disaring oleh   bulu – bulu yang ada di dalam vestibulum ( bagian rongga hidung ), kemudian dihangatkan serta dilembabkan.
b.    Faring

Merupakan pipa yang memiliki otot, memanjang mulai dari dasar tenggorok sampai dengan esophagus yang terletak di belakang  nasofaring                ( di belakang hidung ), di belakang mulut ( orofaring ), dan di belakang laring                    ( laringo faring ). Tuba Eustachii bermuara pada nasofaring. Tuba ini berfungsi menyeimbangkan tekanan udara pada kedua sisi membrane timpani. bila tidak sama, telinga terasa sakit.
Fungsi faring, yaitu :
·      Sebagai jalan bagi udara dan makanan
·      Sebagai ruang getar untuk menghasilkan suara
c.    Laring ( tenggorokan )


Laring merupakan saluran pernapasan setelah faring yang terdiri atas bagian tulang rawan yang diikat bersama ligamen dan membrane, yang terdiri atas dua lamina yang bersambung di garis tengah.
Laring terdapat di antara faring dan trakea. Dindingnya tersusun dari 9 buah tulang rawan dan salah satu tulang rawan tersebut tersusun dari 2 lempeng kartilago hialin yang menyatu dan membentuk segitiga, bagian ini disebut jakun.
d.      Epiglotis
Di dalam laring terdapat epiglotis dan pita suara. Epiglotis merupakan kartilago elastis yang berbentuk seperti daun dan dapat membuka atau menutup. Saat menelan makanan, epiglotis menutup sehingga makanan tidak masuk ke tenggorokan tetapi ke kerongkongan. Pita suara merupakan selaput lendir yang membentuk 2 pasang lipatan dan dapat bergetar menghasilkan suara.
·      Saluran pernapasan bagian bawah
a.       Trakhea



Trakhea atau disebut batang tenggorok yang memiliki panjang ± 9 cm dimulai dari laring sampai kira – kira setinggi vertebra thorakalis kelima. trakhea tersebut tersusun atas enam belas sampai dua puluh lingkaran tidak lengkap yang berupa cincin. trakhea ini dilapisi oleh selaput lendir yang terdiri atas epitelium bersilia yang dapat mengeluarkan debu atau benda asing.

b.      Bronkhus dan bronkiolus
Bentuk percabangan atau kelanjutan dari trakhea yang terdiri atas dua percabangan yaitu kanan dan kiri. Pada bagian kanan lebih pendek dan lebar daripada bagian kiri yang memiliki tiga lobus atas, tengah dan bawah ; sedangkan bronkhus kiri lebih panjang dari bagian kanan yang berjalan dalam lobus atas dan bawah. Percabangan bronkus ini berjalan terus menjadi bronkus yang ukurannya semakin kecil sampai akhirnya menjadi bronkiolus terminalis yaitu saluran udara terkecil yang tidak mengandung alveoli. Seluruh saluran udara ke bawah sampai tingkat bronkiolus terminalis disebut saluran penghantar udara karena fungsi utamanya adalah sebagai penghantar udara ke tempat pertukaran gas.
c.       Paru – paru ( pulmo )


Pulmo adalah parenkim yang berada bersama – sama dengan bronkhus dan percabang – cabangannya. Letak paru itu sendiri di dalam rongga thoraks setinggi tulang selangka sampai dengan diafragma. Paru terdiri atas beberapa lobus yang diseliputi oleh pleura yaitu pleura parietalis dan pleura viseralis, kemudian juga dilindungi oleh cairan pleura yang berisi cairan surfaktan.
Alveolus adalah unit fungsional paru. setiap paru mengandung lebih dari 350 juta alveoli, masing – masing dikelilingi banyak kapiler darah. alveoli berkelompok mirip anggur dan menyediakan permukaan yang amat luas bagi pertukaran gas, yaitu 60 – 70 m², yang 20 kali lebih luasdari permukaan kulit. setiap kali menari nafas, anda memaparkan daerah paru kira – kira seluas lapangan tenis terhadap udara segar.
3.      Etiologi
Ada beberapa hal yang merupakan faktor predisposisi dan prepitasi timbulnya serangan asma bronchial :
1.       Faktor Predisposisi
-   Genetik
Yang diturunkan adalah bakat alergi meskipun belum diketahui bagaimana cara penurunannya. Penderita dengan penyakit alergi biasanya mempunyai keluarga dekat yang juga menderita penyakit alergi. Karena adanya bakat alergi ini, penderita sangat mudah terkena penyakit asma bronkhial jika terpapar dengan faktor pencetus.
2.       Faktor Presipitasi
-      Alergen
Alergen dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
a)     Inhalan, yang masuk melalui saluran pernapasan. Contoh: debu, bulu binatang, serbuk bunga, spora jamur, bakteri, dan polusi.
b)     Ingestan, yang masuk melalui mulut. Contoh: makanan dan obat-obatan
c)      Kontaktan, yang masuk melalui kontak dengan kulit. Contoh: perhiasan, logam, dan jam tangan.
-     Perubahan cuaca
Cuaca lembab dan hawa pegunungan yang dingin sering mempengaruhi asma. Kadang-kadang serangan berhubungan dengan musim, seperti musim hujan, musim kemarau, musim bunga. Hal ini berhubungan dengan arah angin, serbuk bunga, dan debu.
 -        Stress
Stress/gangguan emosi dapat menjadi pencetus asma dan memperberat serangan asma yang sudah ada. Penderita diberikan motivasi untuk menyelesaikan masalah pribadinya karena jika stressnya belum diatasi maka gejala asmanya belum bisa diobati.
 -       Olah raga/aktivitas jasmani yang berat
Sebagian besar penderita akan mendapat serangan juka melakukan aktivitas jasmani atau olahraga yang berat.lari cepat paling mudah menimbulkan serangan asma.
4.      Klasifikasi
Berdasarkan penyebabnya, asma bronkhial dapat diklasifikasikan menjadi 3 tipe, yaitu:
1.       Ekstrinsik (alergik)
Ditandai dengan reaksi alergi yang disebabkan oleh faktor-faktor pencetus yang spesifik, seperti debu, serbuk bunga, bulu binatang, obat-obatan (antibiotik dan aspirin), dan spora jamur. Asma ekstrinsik sering dihubungkan dengan adanya suatu predisposisi genetik terhadap alergi.
2.       Intrinsik (non alergik)
Ditandai dengan adanya reaksi non alergi yang bereaksi terhadap penctus yang tidak spesifik atau tidak diketahui, seperti udara dingin atau bisa juga disebabkan oleh adanya infeksi saluran pernafasan dan emosi. Serangan asma ini menjadi lebih berat dan sering sejalan dengan berlalunya waktu dan dapat berkembang menjadi bronkhitis kronis dan emfisema. Beberapa pasien akan mengalami asma gabungan.
3.       Asma gabungan
Bentuk asma yang paling umum. Asma ini mempunyai karakteristik dari bentuk alergik dan non-alergik.

5.      Patofisiologi
Asma ditandai dengan kontraksi spastik dari otot polos bronkhiolus yang menyebabkan  sukar bernafas. Penyebab yang umum adalah hipersensitivitas bronkhiolus terhadap benda-benda asing di udara. Reaksi yang timbul pada asma tipe alergi diduga terjadi dengan cara: seseorang alergi àmembentuk sejumlah antibodi IgE abnormal à reaksi alergi. Pada asma, antibodi ini terutama melekat pada sel mast yang terdapat pada interstisial paru yang berhubungan erat dengan bronkhiolus dan bronkhus kecil.
Bila seseorang menghirup alergen maka antibodi IgE orang tersebut meningkat, alergen bereaksi dengan antibodi yang telah terlekat pada sel mast dan menyebabkan sel ini akan mengeluarkan berbagai macam zat, diantaranya histamin, zat anafilaksis yang bereaksi lambat (yang merupakan leukotrien), faktor kemotaktik eosinofilik, dan bradikinin. Efek gabungan dari semua faktor ini akan menghasilkan edema lokal pada dinding bronkhiolus kecil maupun sekresi mukus yang kental dalam lumen bronkhiolus dan spasme otot polos bronkhiolus sehingga menyebabkan tahanan saluran napas menjadi sangat meningkat.
Pada asma, diameter bronkhiolus berkurang selama ekspirasi daripada selama inspirasi karena peningkatan tekanan dalam paru selama ekspirasi paksa menekan bagian luar bronkhiolus. Bronkhiolus sudah tersumbat sebagian maka sumbatan selanjutnya adalah akibat dari tekanan eksternal yang menimbulkan obstruksi berat terutama selama ekspirasi.pada penderita asma biasanya dapat melakukan inspirasi dengan baik dan adekuat tetapi hanya sekali-kali melakukan ekspirasi. Hal ini menyebabkan dispnea. Kapasitas residu fungsional dan volume residu paru menjadi sangat meningkat selama serangan asma akibat kesulitan mengeluarkan udara ekspirasi dari paru. Hal in dapat menyebabkan barrel chest.
6.      Manifestasi Klinis
Biasanya pada penderita yang sedang bebas serangan tidak ditemukan gejala klinis, tapi pada saat serangan penderita tampak bernafas cepat dan dalam, gelisah, duduk dengan menyangga ke depan, serta tanpa otot-otot bantu pernafasan bekerja dengan keras. Gejala klasik: sesak nafas, mengi (wheezing), batuk, dan pada sebagian penderita ada yang merasa nyeri di dada. Pada serangan asma yang lebih berat, gejala yang timbul makin banyak, antara lain: silent chest, sianosis, gangguan kesadaran, hiperinflasi dada, takikardi, dan pernafasan cepat-dangkal. Serangan asma sering terjadi pada malam hari.
7.      Komplikasi
Berbagai komplikasi yang mungkin timbul adalah:
1.       Status asmatikus adalah setiap serangan asma berat atau yang kemudian menjadi berat dan tidak memberikan respon (refrakter) adrenalin dan atau aminofilin suntikan dapat digolongkan pada status asmatikus. Penderita harus dirawat dengan terapi yang intensif.
2.      Atelektasis adalah pengerutan sebagian atau seluruh paru-paru akibat penyumbatan saluran udara (bronkus maupun bronkiolus) atau akibat pernafasan yang sangat dangkal.
3.       Hipoksemia adalah tubuh kekurangan oksigen
4.       Pneumotoraks adalah terdapatnya udara pada rongga pleura yang menyebabkan kolapsnya paru.
5.       Emfisema adalah penyakit yang gejala utamanya adalah penyempitan (obstruksi) saluran nafas karena kantung udara di paru menggelembung secara berlebihan dan mengalami kerusakan yang luas.
8.      Penatalaksanaan
Prinsip umum pengobatan asma bronkhial adalah:
1.       Menghilangkan obstruksi jalan nafas dengan segera
2.       Mengenal dan menghindari faktor-faktor yang dapat mencetuskan serangan asma
3.       Memberikan penerangan kepada penderita atau keluarganya mengenai penyakit asma. Meliputi pengobatan dan perjalanan penyakitnya sehingga penderita mengerti tujuan pengobatan yang diberikan dan bekerjasama dengan dokter atau perawat yang merawat.
Pengobatan
1)      Pengobatan non farmakologik
a.       Memberikan penyuluhan
b.      Menghindari faktor pencetus
c.       Pemberian cairan
d.      Fisioterapi
e.      Beri O bila perlu

2)      Pengobatan farmakologik
·         Bronkodilator: obat yang melebarkan saluran nafas. Terbagi dalam 2 golongan:
a.       Simpatomimetik/andrenergik (adrenalin dan efedrin)
Nama obat: Orsiprenalin (Alupent), fenoterol (berotec), terbutalin (bricasma).


b.      Santin (teofilin)
Nama obat: Aminofilin (Amicam supp), Aminofilin (Euphilin Retard), Teofilin (Amilex)
Penderita dengan penyakit lambung sebaiknya berhati-hati bila minum obat ini.
·         Kromalin
Kromalin bukan bronkodilator tetapi merupakan tetapi merupakan obat pencegah serangan asma. Kromalin biasanya diberikan bersama-sama obat anti asma yang lain dan efeknya baru terlihat setelah pemakaian 1 bulan.
·         Ketolifen
Mempunyai efek pencegahan terhadap asma seperti kromalin. Biasanya diberikan dosis 2 kali 1 mg/hari. Keuntungan obat ini adalah dapat diberikan secara oral.
9.      Pencegahan Serangan Asma Pada Anak
1.       Menghindari pencetus
Cara menghindari berbagai pencetus serangan pada asma perlu diketahui dan diajarkan pada keluarganya yang sering menjadi faktor pencetus adalah debu rumah. Untuk menghindari pencetus karena debu rumah dianjurkan dengan mengusahakan kamar tidur anak:
·         Sprei, tirai, selimut minimal dicuci 2 minggu sekali. Sprei dan sarung bantal lebih sering. Lebih baik tidak menggunakan karpet di kamar tidur atau tempat bermain anak. Jangan memelihara binatang.
·         Untuk menghindari penyebab dari makanan bila belum tau pasti, lebih baik jangan makan coklat, kacang tanah atau makanan yang mengandung es, dan makanan yang mengandung zat pewarna.
·         Hindarkan kontak dengan penderita influenza, hindarkan anak berada di tempat yang sedang terjadi perubahan cuaca, misalnya sedang mendung.
2.       Kegiatan fisik
Anak yang menderita asma jangan dilarang bermain atau berolah raga. namun olahraga perlu diatur karena merupakan kebutuhan untuk tumbuh kembang anak. Pengaturan dilakukan dengan cara:
·         Menambahkan toleransi secara bertahap, menghindarkan percepatan gerak yang mendadak
·         Bila mulai batuk-batuk, istirahatlah sebentar, minum air dan setelah tidak batuk-batuk, kegiatan diteruskan.
·         Adakalanya beberapa anak sebelum melakukan kegiatan perlu minum obat atau menghirup aerosol terlebih dahulu.


B. KONSEP DASAR ASUHAN KEPERAWATAN
1.       Pengkajian
a.       Riwayat kesehatan masa lalu
-  Kaji riwayat pribadi atau keluarga tentang penyakit paru sebelumnya
-  Kaji riwayat reksi alergi atau sensitivitas terhadap zat/faktor lingkungan
b.      Aktivitas
-  Ketidakmampuan melakukan aktivitas karena sulit bernafas
-  Adanya penurunan kemampuan/peningkatan kebutuhan bentuan melakukan aktivitas sehari-hari
-  Tidur dalam posisi duduk tinggi
c.       Pernapasan
-  Dispnea pada saat istirahat atau respon terhadap aktivitas atau latihan
-  Napas memburuk ketika klien berbaring telentang di tempat tidur
-  Menggunakan alat bantu pernapasan, misal meninggikan bahu, melebarkan hidung.
-  Adanya bunyi napas mengi
-  Adanya batuk berulang
d.      Sirkulasi
-  Adanya peningkatan tekanan darah
-  Adanya peningkatan frekuensi jantung
-  Warna kulit atau membran mukosa normal/abu-abu/sianosis
e.      Integritas ego
-  Ansietas
-  Ketakutan
-  Peka rangsangan
-  Gelisah
f.        Asupan nutrisi
-  Ketidakmampuan untuk makan karena distress pernapasan
-  Penurunan berat badan karena anoreksia
g.       Hubungan sosial
-  Keterbatasan mobilitas fisik
-  Susah bicara atau bicara terbata-bata
-  Adanya ketergantungan pada orang lain
Pemeriksaan Penunjang
a.     Pemeriksaan radiologi
Gambaran radiologi pada asma pada umumnya normal. Pada waktu serangan menunjukkan gambaran hiperinflasi pada paru-paru yakni radiolusen yang bertambah dan peleburan rongga intercostalis, serta diafragma yang menurun. Akan tetapi bila terdapat komplikasi, maka kelainan yang didapat adalah sebagai berikut:
»        Bila disertai dengan bronkhitis, maka bercak-bercak di hilus akan bertambah
»        Bila terdapat komplikasi empisema (COPD), maka gambaran radiolusen akan semakin bertambah.
»        Bila terdapat komplikasi, maka terdapat gambaran infiltrat pada paru
»        Dapat pula menimbulkan gambaran atelektasis lokal
»        Bila terjadi pneumonia mediastinum, pneutoraks, dan pneumoperikardium, maka dapat dilihat bentuk gambaran radiolusen pada paru-paru.
b.    Pemeriksaan tes kulit
Dilakukan untuk mencari faktor alergi dengan berbagai alergen yang dapat menimbulkan reaksi yang positif pada asma.
c.     Elektrokardiografi
Gambaran elektrokardiografi yang terjadi selama serangan dapat dibagi menjadi 3 bagian dan disesuaikan dengan gambaran yang terjadi pada empisema paru, yaitu:
»        Perubahan aksis jantung, pada umumnya terjadi right axis deviasi dan clock wise rotation
»        Terdapat tanda-tanda hipertropi otot jantung, yakni terdapatnya RBB (Right Bundle branch Block)
»        Tanda-tanda hipoksemia, yaitu terdapatnya sinus takikardia, SVES, dan VES  atau terjadinya depresi segmen ST negatif.
d.    Scanning Paru
Dapat diketahui bahwa redistribusi udara selama serangan asma tidak menyeluruh pada paru-paru.

e.    Spirometri
Untuk menunjukkan adanya obstruksi jalan napas reversibel. Pemeriksaan spirometri tdak saja penting untuk menegakkan diagnosis tetapi juga penting untuk menilai berat obstruksi dan efek pengobatan.


2.       Diagnosa Keperawatan
1.    Bersihan jalan napas tidak efektif b.d bronkospasme
2.    Gangguan pertukaran gas b.d gangguan suplai oksigen
3.    Cemas pada orang tua dan anak b.d penyakit yang dialami anak
4.    Risiko tinggi koping keluarga tidak efektif b.d tidak terpenuhinya kebutuhan psikososial orang tua
3.    Intervensi
1)      Bersihan jalan napas tidak efektif b.d bronkospasme
Tujuan: mempertahankan jalan napas paten dengan bunyi bersih dan jelas
Intervensi:
1.             Auskultasi bunyi nafas, catat adanya bunyi nafas, ex: mengi
Rasional :
Beberapa derajat spasme bronchus terjadi dengan obstruksi jalan nafas dan dapat / tidak dimanifestasikan adanya bunyi nafas adventisius. Misalnya : bunyi nafas redup dengan ekspirasimengi ( emfisema ) atau tidak adanya bunyi nafas ( asma berat ).
2.             Kaji/pantau frekuensi pernafasan, catat rasio inspirasi/ekspirasi.
Rasional :
Takipnea biasanya ada pada beberapa derajat dan dapat ditemukan pada penerimaan atau selama stress / adanya proses infeksi akut. Pernafasan dapat melambat dan frekuensi ekspirasi memanjang dibanding inspirasi.
3.             Catat adanya derajat dispnea, ansietas, distress pernafasan, penggunaan obat.
Rasional :
Disfungsi pernafasan adalah variable yang tergantung pada tahap proses kronis. Selain proses akut yang menimbulkan perawatan di RS mis : infeksi dan reaksi alergi
4.             Tempatkan klien pada posisi yang nyaman. Contoh: meninggikan kepala TT, duduk pada sandaran TT
Rasional :
Peninggian kepala tertiri mempermudah fungsi pernafasan dengan menggunakan gravitasi. Namun pasien dengan distress berat akan mencari posisi yang paling mudah untuk bernafas. Sokongan tangan / kaki dengan meja, bantal dll. membantu menurunkan kelemahan otot dan dapat sebagai alat ekspansi dada
5.             Pertahankan polusi lingkungan minimum. Contoh: debu, asap,dll
Rasional : 
Pencetus tipe reaksi alergi pernafasan yang dapat mentriger episode akut.
6.             Tingkatkan masukan cairan sampai dengan 3000 ml/hari sesuai toleransi jantung, memberikan air hangat.
Rasional :
Hidrasi membantu menurunkan kekentalan secret, mempermudah pengeluaran. Pengguaan cairan hangat dapat menurunkan spasme bronkus. Cairan selama makan dapat menurunkan distensi gaster dan tekanan pada diafragma.
7.             Kolaborasi dengan dokter untuk pemberian obat sesuai indikasi.
Rasional :
Merilekskan otot halus dan menurunkan kongesti local, menurunkan spasme jalan nafas, mengi, dan produksi mukosa. obat – obatan mungkin peroral, injeksi atau inhalasi.
2)      Gangguan pertukaran gas b.d gangguan suplai oksigen
Tujuan: perbaikan ventilasi dan oksigen jaringan adekuat
Intervensi:
1.             Kaji/awasi secara rutin keadaan kulit klien dan membran mukosa.
Rasional :
Sianosis mungkin perifer ( terlihat pada kuku ) atau sentral ( terlihat sekitar bibir / daun telinga ). keabu – abuan sianosis sentral memgindikasikan beratnya hipoksemia.
2.             Awasi tanda vital dan irama jantung
Rasional :
Takikardia, distritmia dan perubahan TD dapat menunjukkan efek hipoksemia sistemik pada fungsi jantung.
3.             Kolaborasi: .berikan oksigen tambahan sesuai dengan indikasi hasil AGDA dan toleransi klien.
Rasional :
dapat memperbaiki atau mencegah memburuknya hipoksia.
3)      Cemas pada orang tua dan anak b.d penyakit yang dialami anak
Tujuan: menurunkan kecemasan pada orang tua dan anak.
Intervensi untuk orang tua:
1.             Berikan ketanangan pada orang tua
Rasional :
Ketenangan orang tua dapat membantu pearawat dalam proses perawatan anak karena jika orang tua panic dapat menghambat perawat proses perawatan anak.
2.             Berikan rasa nyaman
Rasional :
Rasa nyaman dapat memberikan rasa percaya orang tua pada perawat.
3.             Berikan motivasi keluarga dengan memberikan pengertian dan informasi (Waley & Wong, 1989).
Rasional :
Motivasi yang diberikan berupa pengertian dan informasi dapat memberikan pengetahuan terhadap orang tua mngenai kondidianaknya.
4.             Dorong keluarga untuk terlibat dalam perawatan anaknya.
Rasional :
keterlibatan keluarga terutama orang tua dapat membatu dalam perawatan anak mengingat orang tua merupakan orang yang terdekat dengan anak.
5.             Konsultasi dengan tim medis untuk mengetahui kondisi anaknya.
Rasional :
Mengetahui sejauh mana penyakit yang diderita anak.
Intervensi untuk anak           :
1.             Bina hubungan saling percaya
Rasional :
Dengan hubungan saling percaya anak dapat tenang dan aman dalam menjalani perawatan
2.             Kurangi perpisahan dengan orang tuanya
Rasional :
Orang tua merupakan unsur terpenting dalam perawatan anak karena orang tua merupakan orang terdekat dengan anak.
3.             Dorong untuk mengekspresikan perasaannya
Rasional :
Untuk mengetahui sejauh mana anak merasakan penyakitnya / mengetahui kondisi anak.
4.             Libatkan anak dalam bermain
Rasional :
Membantu / merangsang perkembangan anak
5.             Siapkan anak untuk menghadapi pengalaman baru, misal: prosedur tindakan
Rasional :
Agar anak tidak merasa kaget selama proses perawatannya.
6.             Berikan rasa nyaman
Rasional :
Rasa nyaman yang diberikan dapat membuat anak menjadi lebih tenang sehingga memudahkan proses penyembuhannya.
4)      Risiko tinggi koping keluarga tidak efektif b.d tidak terpenuhinya kebutuhan psikososial orang tua
Tujuan: koping keluarga kembali efektif
Intervensi:
1.        Buat hubungan dengan orang tua yang mendorong mereka mengungkapkan kesulitan
Rasional :
Dengan adanya hubungan orang tua dengan perawat akan memudahkan orang tua mengungkapkan segala masalahnya mengenai kondisi anak.
2.        Berikan informasi pada orang tua tentang perkembangan anak.
Rasional :
Informasi yang diberikan akan membantu proses perkembangan.
3.        Berikan bimbingan antisipasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan.
Rasional :
Bimbingan antisipasi ini dapat membantu orang tua dalam pertumbuhan dan perkembangan anak agar tidak mudah terkene penyakit.
4.        Ajarkan orang tua untuk menyediakan waktu sesuai kebutuhan
Rasional :
Orang tua sangat berperan penting dalam proses perkembangan anak, dengan memberikan waktu luang kepada anak akan membantu proses penyembuhan anak.
5.        Bantu orang tua untuk merujuk pada ahli penyakit
Rasional :
Dengan merujuk anak pada ahli penyakit akan memudahkan proses penyembuhan anak.
6.        Informasikan kepada orang tua tentang pelayanan yang tersedia di masyarakat.
Rasional :
Informasi yang diberikan akan membantu orang tua tentang pelayanan kesehatan yang tersedia sehingga jika ada anak yang sakit dapat ditangani segera.
Diagnosa 5 :  Resiko tinggi terhadap nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b / d peningkatan sputum
Tujuan            :    intake menjadi adekuat ditandai dengan  peningkatan nafsu mkan
Intervensi :
Mandiri
1.      Identifikasi faktor yang menimbulkan mual/muntah, misalnya: sputum, banyak nyeri.
Rasional :
Pilihan intervensi tergantung pada penyebab masalah.
2.      Jadwalkan atau pernafasan sedikitnya 1 jam sebelum makan
Rasional :
Menurun efek manual yang berhubungan dengan penyakit ini
3.      Berikan makan porsi kecil dan sering termasuk makanan kering (roti panggang) makanan yang menarik oleh pasien.
Rasional :
Tindakan ini dapat meningkat masukan meskipun nafsu makan mungkin lambat untuk kembali.
4.      Evaluasi status nutrisi umum, ukur berat badan dasar.
Rasional :
Adanya kondisi kronis keterbatasan ruangan dapat menimbulkan malnutrisi, rendahnya tahanan terhadap inflamasi/lambatnya respon terhadap terapi.

10.  Implementasi
Diagnosa 1     : Bersihan jalan napas tidak efektif b.d bronkospasme.
Implementasi   :
1.             Melakukan auskultasi bunyi nafas, catat adanya bunyi nafas, ex: mengi
2.             Mengkaji/memantau frekuensi pernafasan, catat rasio inspirasi/ekspirasi.
3.             Mencatat adanya derajat dispnea, ansietas, distress pernafasan, penggunaan obat.
4.             Menempatkan klien pada posisi yang nyaman. Contoh: meninggikan kepala TT, duduk pada sandaran TT
5.             Mempertahankan polusi lingkungan minimum. Contoh: debu, asap,dll
6.             Meningkatkan masukan cairan sampai dengan 3000 ml/hari sesuai toleransi jantung, memberikan air hangat.
7.             Melakukan kolaborasi dengan dokter untuk pemberian obat sesuai indikasi.
Diagnosa 2      : Gangguan pertukaran gas b.d gangguan suplai oksigen
Implementasi   :
1.             Mengkaji/mengawasi secara rutin keadaan kulit klien dan membran mukosa.
2.             Mengawasi tanda vital dan irama jantung
3.             Melakukan kolaborasi: .berikan oksigen tambahan sesuai dengan indikasi hasil AGDA dan toleransi klien.

Diagonosa 3    : Cemas pada orang tua dan anak b.d penyakit yang dialami anak
Implementasi untuk orang tua :
1.             Memberikan ketanangan pada orang tua
2.             Memberikan rasa nyaman
3.             Memberikan motivasi keluarga dengan memberikan pengertian dan informasi (Waley & Wong, 1989).
4.             Mendorong keluarga untuk terlibat dalam perawatan anaknya.
5.             Melakukan konsultasi dengan tim medis untuk mengetahui kondisi anaknya
Implementasi untuk anak        :
1.             Membina hubungan saling percaya
2.             Mengurangi perpisahan dengan orang tuanya
3.             Mendorong untuk mengekspresikan perasaannya
4.             Meliibatkan anak dalam bermain
5.             Menyiapkan anak untuk menghadapi pengalaman baru, misal: prosedur tindakan
6.             Memberikan rasa nyaman
Diagnosa 4     : Risiko tinggi koping keluarga tidak efektif b.d tidak terpenuhinya kebutuhan psikososial orang tua.
Implementasi   :
1.             Membuat hubungan dengan orang tua yang mendorong mereka mengungkapkan kesulitan
2.             Memberikan informasi pada orang tua tentang perkembangan anak.
3.              Memberikan bimbingan antisipasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan
4.             Mengajarkan orang tua untuk menyediakan waktu sesuai kebutuhan
5.             Membantu orang tua untuk merujuk pada ahli penyakit
6.             Memberikan informasikan kepada orang tua tentang pelayanan yang tersedia di masyarakat.
Diagnosa 5   : Resiko tinggi terhadap nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b / d  peningkatan sputum.
Implementasi                        :
1.      Identifikasi faktor yang menimbulkan mual/muntah, misalnya: sputum, banyak nyeri.
2.      Jadwalkan atau pernafasan sedikitnya 1 jam sebelum makan
3.      Berikan makan porsi kecil dan sering termasuk makanan kering (roti panggang) makanan yang menarik oleh pasien.
4.      Evaluasi status nutrisi umum, ukur berat badan dasar.

5.      Evaluasi
1.      Bersihan jalan nafas menjadi efektif
2.      Tidak ada gangguan pertukaran gas
3.      Kecemasan pada orang tua dan anak menjadi menurun
4.      Koping keluarga menjadi efektif dengan terpenuhinya psikososial orang tua.
5.      Mempertahankan asupan makanan dan minuman cukup yang dapat ditunjukkan dalam merencanakan pola makan.
DAFTAR PUSTAKA

Mansjoer, Arif. 2001. Kapita Selekta, Edisi Ketiga, Jilid I : 476. Jakarta : Penerbit Fakultas Kedokteran UI.
http : // diunduh Viethanurse. Wordpress. Com/2009.
Tambayon, Jan. 2001. Anatomi dan Fisiologi untuk Keperawatan. Jakarta : Penerbit Kedokteran EGC.
Kamus Kedokteran Porlan, Edisi 29. Jakarta : EGC
Ngastiyah. 1997. Perawatan Anak Sakit. Jakarta : EGC.C
Capernito, Lynda. 2000. Diagnosa Keperawatan Aplikasi Pada Praktik Klinis. Jakarta: EGC.
Betz Cecily, Linda A Sowden. 2002. Buku Saku Keperawatan Pediatrik. Jakarta : EGC.





 
Thanks Dah Pada Mampir
 




















67 komentar:

Unknown mengatakan...

OBAT ASMA
OBAT ASMA
OBAT ASMA
OBAT ASMA
terima kasih infonya, sangat bagus dan bermanfaat

Unknown mengatakan...

This is the best pages I visit glad to be in your yard this remarkable I found your page on google
Obat Herbal Kanker Kelenjar Getah Bening
Cara Menyembuhkan Kista Ovarium
Obat Tradisional Kanker Kelenjar Getah Bening
Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Tradisional
Cara Mengobati Kanker Kelejar Getah Bening

Yunia mengatakan...

Thank you for the information gan, may be useful for all of us.
Greetings from us:
Links We wish Beneficial For Information About Health.

Cara Mengobati Stroke Berat Secara Alami
Obat Herbal Usus Buntu Tanpa Operasi
Cara Mengobati Kolesterol Paling Cepat Dan Alami
Obat Tradisional Kanker Paru Paru
Obat Tradisional Kanker Hati
Cara Mengobati Paru Paru Basah Secara Tradisional
Obat Darah Tinggi Terbaik
Cara Mengobati Migren Terbaik
Cara Mengobati Penyakit Ginjal
Obat Tradisional Kanker Usus

We Wait Further Information gan ....

Heni Herbal mengatakan...

I hope every day is always presented with information like this .
Obat Herbal Untuk Menyembuhkan Jantung Iskemik
Eye Care Softgel Green World
Pengobatan Alami Untuk Menghilangkan Keloid Yang Ampuh
Cara Ampuh Mengatasi Sembelit Secara Alami
Apakah Benjolan Di Ketiak Itu Berbahaya ?

Heni Herbal mengatakan...

Present information on this afternoon is very inspiring so many people to thank.
Cara Menyembuhkan & Mengobati Infeksi Jamur Candida Pada Vagina / Miss V
Cara Ampuh Menyembuhkan Faringitis (Radang Tenggorokan) Secara Alami
Bahaya Akibat Penyakit Vertigo
Cara Membuat ramuan Temulawak Liver
Cara Menyembuhkan Saraf Mata Yang Lemah

Unknown mengatakan...

This is a very wonderful page happy to visit your page I found your page from google
Obat Tradisional Maag Kronis
Obat Tradisional Sinusitis Kronis

Herbal Solution mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaat , bagus sekali . Update terus gan ...

Penyakit Dengan Gejala Batuk Berdahak Terus Menerus
Tanaman Obat Tradisional Untuk Penyakit Tbc
Biaya Operasi Kanker Rahim Di Rumah Sakit
Apakah Kanker Rahim Bisa Disembuhkan Tanpa Operasi

Unknown mengatakan...

Very nice information. I am happy to read it and hopefully useful to me

Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kabupaten Halmahera
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kota Ternate
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kota Tidore Kepulauan
Agen Resmi Jelly Gamat Qnc Kota Manokwari Papua Barat

Heni Herbal mengatakan...

I say thank you very much because you have presented various useful information.
Cara Mengobati Penyakit Liver Kronik Secara Alami
Pengobatan Alami Batuk Berdahak Terbaik
Obat Herbal China Untuk Asam Urat
Obat Herbal Leukimia Tanpa Kemoterapi
Cara Mengobati Benjolan Di Ketiak Secara Alami

Unknown mengatakan...

Your site is very helpful we are very waiting for the latest information
Good luck to all of us

obat tukak lambung herbal
obat varikokel tradisional
obat tradisional mastitis

Heni Herbal mengatakan...

Delighted with the site this one because it always gives the latest information thanks .
Cara Ampuh Menyembuhkan Perut Mules Secara Alami
Cara Menghilangkan Amandel Pada Anak Tanpa Operasi
Cara Menyembuhkan Infejsi Vagina Vaginitis
Pengobatan Alami Menyembuhkan Penyakit Jantung Koroner
9 Gejala Kanker Ginjal Dan Tips Perawatannya

Heni Herbal mengatakan...

Good morning to all of which this morning delighted because it has been presented with a site that is very attractive thanks .
Obat Mata Ikan Herbal
Khasiat Luar Biasa Pepaya Bagi Penderita Diabetes
Cara Mengobati Infeksi Jamur Secara Alami
Cara Menyembuhkan Limfadenopati Secara Alami
Gejala Kelebihan Sel Darah Putih

Unknown mengatakan...

Your site is the best
The latest information we are waiting for lho..semoga what is given can be useful
Terimakash..success always everything..salam know ..

obat ginjal kronis tradisional manjur
pengobatan diabetes melitus secara tradisional
obat penurun trigliserida tinggi

Unknown mengatakan...

Thank you for the information. This was incredible and I love being able to read and visit your blog.
Cara Ampuh Mengobati Penyakit Dispareunia Secara Alami Sampai Sembuh Total
Obat Dispareunia Tradisional Terbaik 100% Alami MANJUR
Cara Ampuh Mengobati Dislokasi Bahu Secara Alami Sampai Sembuh Total
Obat Maag Ampuh, Cara Untuk Mengatasi Maag Kambuh Secara Alami

Heni Herbal mengatakan...

So very impressive once the article I read on this day, thank you.
Cara Menghilangkan Bruntusan Di Wajah Secara Alami
Penyakit Lepra (Kusta) Menular Atau Tidak
Cara Mengobati Radang Sendi Pergelangan Kaki Secara Alami
Cara Menyembuhkan Kreatinin Tinggi Pada Ginjal
Pengobatan Alami Diabetes Melitus

Heni Herbal mengatakan...

All the information you presented on this day we are very admirable, thank you.
Cara Mengobati & Menyembuhkan Leukimia Secara Alami
Pengobatan Alternatif Kanker Paru-Paru Secara Tradisional
Obat Herbal Disentri Alami
Cara Alami Mengobati Penyakit Legg Calve Perthes
Obat Herbal Untuk Pengerasan Hati Alami

Unknown mengatakan...

We are provides list of Verified Foogle Packers and Movers get free quotes compare to save money and select the best # www.fooglepackers.com
packers and movers Bangalore
packers and movers Gurgaon
packers and movers Pune

Cheapest Packers India mengatakan...

Thank for information visit top most articles list:

Cheapestpackers.co.in
Top 3 Packers and Movers in Delhi
Top 3 Packers and Movers in Noida
Top 3 Packers and Movers in Faridabad
Top 3 Packers and Movers in Ghaziabad
Top 3 Packers and Movers in Gurgaon
Top 3 Packers and Movers in Guwahati

Tiara Prasetya mengatakan...

try and pray

Cara Menghilangkan Lendir Di Paru-Paru
Cara Mengobati Telinga Bernanah Dan Berdarah
Cara Mengobati Nyeri Otot Kaki Pada Anak
Cara Mengobati Panas Dalam Pada Anak
Cara Mengobati Hepatitis Paling Ampuh
Obat Herbal Infeksi Saluran Kemih Pada Anak
Pantangan Makanan Kanker Serviks
Apakah Penyakit Vertigo Berbahaya
Apakah Penyakit Miom Berbahaya

Unknown mengatakan...

terima kasih telah memberikan informasi yang bermanfaat

Agen QnC Jelly Gamat Kota Yogyakarta
Agen Resmi QnC Jelly Gamat Kota Yogyakarta
Agen Resmi QnC Jelly Gamat Kabupaten Bantul
Agen Resmi QnC Jelly Gamat Kabupaten Wonosari Gunungkidul
Agen Resmi QnC Jelly Gamat Kota Solo Surakarta
Agen Resmi QnC Jelly Gamat Kabupaten Pacitan
Agen QnC Jelly Gamat Kabupaten Wates Kulon Progo
Agen QnC Jelly Gamat Kota Sleman

away packers and movers mengatakan...

http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-noida.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-ghaziabad.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-faridabad.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-thane.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-navi-mumbai.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-kolkata.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-guwahati.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-chandigarh.html

Unknown mengatakan...

Ini baru artikel yang menarik, sukses selalu gan!!
Obat Herbal Kram Usus / Kram Perut Paling Mujarab
Obat Sesak Nafas Karena Penyakit Jantung Terbaik
Cara Alami Mengatasi Sakit Tulang Ekor Paling Ampuh

away packers and movers mengatakan...

Thank for information visit top most articles list for Get Free Best Quotes, Compare to save money and time, household, car and office Shifting Services.
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-bangalore.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-pune.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-mumbai.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-hyderabad.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-gurgaon.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-chennai.html
http://www.awaypackersmovers.in/packers-and-movers-delhi.html

Unknown mengatakan...

informasi yang bermanfaat
Obat Tradisional Ginjal Bengkak
Obat Leukimia Kanker Darah
Obat Leukimia Anak
Makanan Pantangan Leukimia

walatraherbal07 mengatakan...

We will wait for other sites that are good .
Walatra Habbaza Softgel
Cara Ampuh Menyembuhkan Luka Lecet Agar Cepat Kering
Obat Herbal Mata Miopi
Cara Alami Menambahkan Hemoglobin
Makanan Yang Baik Bagi Penderita Sakit Pinggang

Unknown mengatakan...

There are anything’s packing and goods better shifting services in Gurgaon, No big names with but, fame gained almost offering relocation enlisted on our website (Foogle Packers) and on top services of the entire growth keep dealing with Away experts trust upon of budget reasonable while assist a car and motor vehicles or installed from one location tracking with their products and also give for help to wonderful assist a decant of best packer and mover in Pune as well as process companies.

http://www.fooglepackers.com/packersmoversbangalore.html

http://www.fooglepackers.com/packersmoversdelhi.html

http://www.fooglepackers.com/packersmoversgurgaon.html

Unknown mengatakan...

Manes workers are for factor culpability towards benefit all around the ultimate involving creating once transfer benefit all around improving from get laid items well informed duties all over time. Therefor needs improving east blushing in addition functionality if you have to whereabouts the tough to only safely and care of you valuables to extra length commonly generally is an excellent a technique of best quality for an entire to take a tasking in Mumbai.

http://www.fooglepackers.com/packersmovershyderabad.html

http://www.fooglepackers.com/packersmoverspune.html

http://www.fooglepackers.com/packersmoversmumbai.html

glucolife mengatakan...

http://ayupramatasari.blogspot.co.id/2014/03/askep-hernia-scrotalis.html

walatraherbal07 mengatakan...

The information you provide on this site so very nice thank you .
Cara Alami Menyembuhkan Pterygium Tanpa Operasi
Cara Mengatasi Buta Warna Dengan Cepat Dan Alami
Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Hipertensi Secara Alami
Tanda Atau Gejala Penyakit Turun Berok
Makanan Yang Bisa Mengatasi Nyeri Otot

walatraherbal07 mengatakan...

News that you provide on this day so very interesting thanks .
Ciri-Ciri Kanker Paru-Paru Stadium 4
Agen Resmi Jelly Gamat QNC Di Kabuapten Banyumas Jawa Tengah
Bahaya Asam Lambung Tinggi Terhadap Jantung
Cara Pengobatan Tradisional Cacar Api
Cara Alami Mengobati TBC Tulang Paling Ampuh

walatraherbal07 mengatakan...

Good afternoon hopefully can provide information that is more interesting.
Obat Alami Untuk Mengatasi Migren
Akibat Pengapuran Tulang Leher
Cara Alami Mengobati Kaki Lumpuh
Cara Mengobati Tumor Abdomen Secara Alami
Cara Menyembuhkan Parkinson Secara Alami

Tiara Prasetya mengatakan...

we are waiting for the latest information, thank you
Obat Kanker Tenggorokan Stadium 3
Obat Alami Kanker Usus
Cara Mengobati Pengapuran Tulang Belakang
Cara Mencegah Penyakit Kanker Mulut

Walatra Bersih Wanita mengatakan...

Finally found also the website with the content of articles and useful information. Thank you very much.

Obat Sindrom Nefrotik Tradisional Paling Ampuh
Obat Alergi Kacang Tradisional Paling Manjur
Obat Polip Hidung Herbal Paling Ampuh
8 Gejala Khas Sindrom Nefrotik Yang Harus Di Waspadai

walatraherbal07 mengatakan...

the information is always in waiting finally there is also a thank you for presenting today.
Pengobatan Tradisional Ambeien Tanpa Operasi
Manfaat Lidah Buaya Untuk Usus Kotor
Obat Alami Untuk Mengobati Kaligata
Cara Alami Mengobati Hepatitis A Kronik
Obat Kardiovaskuler Alami Paling Ampuh

Unknown mengatakan...

Interesting articles, I hope more and more visitors. Continued success !!
Obat Kanker Paru-paru
Cara Alami Mengatasi Gangguan Skizofrenia
Kenali Gejala Awal Polip Usus Pada Anak dan Dewasa

Unknown mengatakan...

informasi terkait mengatasi masalah kesehatan tulang dan sendi
Makanan Yang Baik Untuk Sakit Tulang Dan Sendi
Obat Demam Rematik
Obat Encok Di Bahu
Tanaman Obat Encok
Obat Tengeng Paling Ampuh

Unknown mengatakan...

Thanks for this wonderful information, I am very glad to have read and found out. greetings :-)

Mengetahui Anemia Aplastik dan Cara Pengobatannya
Obat Aneurisma Aorta Tradisional
Penyebab Anemia Defisiensi Besi
2 TAnaman Obat Tradisional Ginjal bocor ampuh 100% Alami
Walatra Gamat Emas Kapsul

walatraherbal07 mengatakan...

Afternoon presentation is very interesting, thanks to the dish.
Bahaya Penyakit Hipertensi Dan Pemicunya
Manfaat Minyak Zaitun Bagi Penderita Batu Empedu
Buah Yang Baik Untuk Penderita Usus Buntu
Obat Alami Untuk Ginjal Polikistik
Obat Herbal Untuk Mengobati Kolera

walatraherbal07 mengatakan...

We are always waiting for more information.
Cara Mengobati Penyakit Batu Empedu Dengan Bahan Alami
Pantangan Untuk Penderita Radang Sendi
Obat Alami Untuk Penyakit Jantung Koroner
Walatra Green Coffe
Manfaat Bayam Untuk Batu Empedu

Unknown mengatakan...

ongratulations reactivities ,, highly awaited new information from this site
Good luck !!

efek keputihan pada wanita
makanan untuk penderita pengapuran tulang
gejala awal hepatitis

Unknown mengatakan...

The latest information we are waiting for lho..semoga what is given can be useful

obat tradisional penyakit kuning
makanan untuk kista ginjal
jus buah penderita hepatitis b

Unknown mengatakan...

Congratulations reactivities ,, highly awaited new information from this site
Good luck !!

jahe untuk syaraf kejepit
penyebab keputihan pada wanita
ciri ciri usus buntu pecah

walatraherbal07 mengatakan...

Information that is always in waiting by the visitors.
Ciri-Ciri Penyempitan Tulang Belakang
Gejala Hernia Dan Cara Untuk Mengatasinya
Penyebab Dan Gejala Penyakit Gagal Ginjal
Obat Alami Untuk Mata Silinder

walatraherbal07 mengatakan...

Always love the presentation of the information you present today.
Makanan Pencegah Batuk Berdahak Dan Tidak Berdahak
Obat Cacar Air Pada Orang Dewasa
Penyebab Cedera Tulang Belakang
Obat Patah Tulang

Welcome To My Blog mengatakan...

Thanks very much its very useful information

http://obatasamuratagaricpro.com/obat-stroke-paling-fenomenal/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-hepatitis-akut/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-kanker-prostat-yang-ampuh/
http://obatasamuratagaricpro.com/obat-jantung-koroner-ampuh/


http://rizkyherbal.com/obat-kanker-prostat-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/pengobatan-hernia-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi/
http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

walatraherbal07 mengatakan...

Presentation of information that always inspires visitors.
Obat Gangguan Pencernaan Tradisional
Obat Alami Untuk Demam
Obat Infeksi Saluran Kemih Alami
Makanan Penyebab Diare
Obat Kencing Manis Alami

green mengatakan...

Good luck ,, in waiting for other information from your site
send regards for success

cara mengatasi mata merah
obat gondok beracun
obat tradisional hipertiroid

Eros Rosita mengatakan...

Your page is very good. I like it very much. Hopefully I can cooperate well.

Pantangan Makanan Penyakit Penyakit Gondok

Eros Rosita mengatakan...

Your article is very useful, hopefully it can help others who want to know it.

Biaya Operasi Kista Ginjal

walatraherbal07 mengatakan...

I thank you for the information presented in the afternoon.
Pengobatan Tradisional Askariasis
Ramuan Herbal Lambung Luka
Obat Herbal Asam Lambung
Obat Hernia Tanpa Operasi

dera mengatakan...

don't forget to be excited about everything


cara mengobati batuk rejan pada bayi dan anak

dera mengatakan...

cara mengatasi nyeri haid

Eros Rosita mengatakan...

Your article is very satisfying and very good

cara mengobati benjolan di leher sebelah kanan tanpa operasi

dera mengatakan...

good article
obat mata minus herbal berkualitas tanpa efek samping

Rositaaa mengatakan...

Sharing information is beautiful. Thank you for an interesting article discussion

Obat Sakit Kepala Berlebihan
Bahaya Sariawan Berkepanjangan

Eros Rosita mengatakan...

I get your page from my article friends, hopefully it can work together.
Cara Mengatasi Benjolan Di Leher

Rositaaa mengatakan...

do you like fishing? let's see our website.

Essen Ikan Mas Paling Jitu

Eros Rosita mengatakan...

Your article is very interesting

Essen Ikan Lele Babon

Rositaaa mengatakan...

Your article is very useful, hopefully the future posts can be even better.

Essen Ikan Lele Segala Cuaca

Eros Rosita mengatakan...

Your article is very useful, hopefully the future posts can be even better.

Essen Ikan Lele Segala Cuaca

Rositaaa mengatakan...

The information you submit is very helpful. thanks

Umpan Ikan Lele Di Kolam Air Keruh

Eros Rosita mengatakan...

I found this page from Google. Thanks

Umpan Ikan Ma Air Keruh Coklat

Eros Rosita mengatakan...

Thank you for the information you provided, it was very helpful (:

Umpan Ikan Bawal Mogok Makan

Eros Rosita mengatakan...

The article that you created is very helpful. Also visit our website.

Resep Umpan Ikan Bawal Malam Hari

Rositaaa mengatakan...

Like fishing for catfish? let's see our website.

Resep Umpan Ikan Lele Di Sungai

Rositaaa mengatakan...

Good information, visit our website if you have a hobby of fishing.

Umpan Ikan Patin Untuk Di Waduk

Eros Rosita mengatakan...

Like fishing for Tawes? let's visit our website.

Essen Ikan Tawes Di Sungai

Posting Komentar